Jenis-jenis Manajemen Pemasaran

Jenis-jenis Manajemen Pemasaran
Jenis-jenis Manajemen Pemasaran

Jenis-jenis Manajemen Pemasaran

Seperti yang sobat ketahui, pemasaran merupakan suatu elemen yang sangat penting dalam berjalannya keberlangsunngan hidup suatu perusahaan.

Sobat mungkin mengetahui bahwa pemasaran memilki fungsi dan jenis yang berbeda-beda.

Lalu apakah fungsi dan jenis-jenis manajemen pemasaran itu? Simaklah artikel berikut ini.

 

Fungsi Transisi

Dalam menjalankan suatu usaha, tentunya terdapat aktivitas transisi atau pertukaran, yaitu dari seller kepada buyer.

Bila sobat amati lebih detail lagi, dalam proses pertukaran ini terdapat dua kebermanfaatan atau fungsi. Yaitu, fungsi menjual dan fungsi membeli.

 

Fungsi Fisis

Fungsi yang selanjutnya ialah fungsi fisik atau fisis. Yang mana hal ini berpusat pada manfaat tempat, wujud produk serta timing.

Peranan manajemen dalam hal ini sangatlah diperhitungkan. Fungsi ini didapat salah satunya dari manajemen saluran pemasaran. Karena salah satu fungsi fisis terkait dengan saluran distribusi. Mengenai bagaimana suatu produk bisa aman sampai kepada konsumen.

Maka penanganan produk ini menjadi poin yang sangat krusial dan harus diperhitungkan secara seksama. Sehingga perusahaan tidak akan mengalami kerugian akibat adanya kerusakan produk.

 

Fungsi Pengadaan Fasilitas

Ada peranan management marketing yang tidak kalah penting, yaitu sebagai pengadaan fasilitas.

Adapun fasilitas ini, akan terkait dengan semua aktivitas marketing produk, yang dapat memperlancar kegiatan pemasaran produk.

Apakah fasilitas yang dimaksudkan dalam management marketing ini?

Beberapa fasilitas itu biasanya meliputi semua proses penghimpunan, penyaringan produk berdasarkan standar, fasilitas komunikasi, dan juga pendanaan.

 

Jenis-Jenis Pemasaran

Word of Mouth Marketing (WoMM)

Word of Mouth Marketing (WoMM) merupakan penyebaran informasi tentang produk oleh konsumen yang pernah mencoba menggunakan produk tersebut, kepada konsumen lain yang berada di sekitarnya yang belum membeli atau mencoba produk tersebut. Dengan cara lisan atau tidak, dan diinformasikan secara langsung.

 

Public Relation Marketing

Public Relations adalah satu dari sekian jenis elemen yang sangat dibutuhkan dalam aktivitas pemasaran. Perusahaan pada zaman sekarang telah banyak memanfaatkan peranan media, demi membangun brand awarnes produknya. Sehingga produknya dapat dikenal luas oleh masyarakat.

 

Relationship Marketing

Menjalin hubungan dengan customer merupakan langkah tepat dalam hal pemasaran produk. Secara analogi, jika suatu perusahaan telah berhasil meraih kesetiaan konsumen, maka konsumen tersebut akan menanti produk apapun yang akan perusahaan tawarkan.

 

Digital Marketing

Pada era pemasaran digital seperti saat ini, perusahaan memanfaatkan segala sumber daya  berbasis online untuk mencapai konsumen. Kelebihan dari cara ini adalah rendahnya budget yang diperlukan untuk mempromosikan suatu produk. Dan mudahnya menyasar pada target yang tepat dengan menggunakan jasa periklanan berbayar.

 

Branding

Branding merupakan cerminan dari produk. Bagi konsumen branding seperti ‘cinta pada pandangan pertama’. Nama, jargon dan logo memiliki makna segalanya bagi pandangan pertama seorang konsumen akan sutu produk.

Untuk itu penting menciptakan branding yang tepat, agar pada pandangan pertamanya konsumen berpikiran untuk membeli produk tersebut.

Branding merupakan aset promosi jangka panjang bagi suatu produk. Tak heran banyak perusahaan besar mau mengeluarkan biaya yang sangat besar hanya untuk membuat sebuah logo.

 

Iklan Siaran

Contoh iklan siaran antara lain menggunakan media televisi untuk penayangan iklan produk. Atau pada masanya sangat terkenal memasarkan produk melalui siaran radio.

 

Multi-Level Marketing (MLM)

Pada jenis pemasaran ini, perusahaan melibatkan orang (agen) untuk menjual kembali produknya. Perusahaan memberikan upah tergantung jumlah produk yang berhasil dipasarkan seorang agen, atau jumlah orang yang berhasil ia rekrut kembali. Dengan demikian tenaga pemasar merupakan target dari perusahaan. Dan perusahaan memiliki tenaga pemasaran dalam jumlah besar. Sehingga hasil penjualan juga akan menjadi lebih besar.

Demikianlah pembahasan mengenai jenis-jenis manajemen pemasaran. Semoga dapat menambah wawasan sobat sekalian, sekian terima kasih.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url